Amirzan Keuchik Ateuk Munjeng

Banda Aceh – Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh Iskandar SSos MSi melantik Amirzan sebagai Keuchik Gampong Ateuk Munjeng, Kecamatan Baiturrahman, periode 2015-2021.

Amirzan dilantik sebagai Keuchik Ateuk Munjeng berdasarkan K
eputusan Wali Kota Banda Aceh nomor 46 tahun 2015. Prosesi pelantikan dan pengambilan dipusatkan di Meunasah Al-Mukarramah Ateuk Munjeng, Jumat (13/3/2015) malam.
Dalam sambutanya mewakili Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE, Iskandar mengatakan keuchik merupakan aparat pemerintah yang terdepan memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 
Selain peran dan tanggung jawab yang semakin berat, keuchik juga dituntut menjadi figur teladan bagi masyarakatnya, baik sikap, tutur kata, tindakan maupun rumah tangganya. Selain itu, keuchik juga harus mengajak masyarakatnya untuk senantiasa memakmurkan meunasah gampong dengan shalat berjamaah lima waktu.”
Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan, dengan adanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 TentangDesa, telah membuat desa/gampong berbeda dari sebelumnya, baik dilihat dari sisi politik, ekonomi, maupun sosial budaya.
Dari sisi politik, semakin jelasnya kewenangan yang dimiliki oleh desa. Undang-Undang Desa tersebut,memberikan semangat baru terkait dengan diperluasnya kewenangan yang dimiliki oleh gampong di semua aspek.
“Sementara dari sisi ekonomi, gampong akan mendapatkan alokasi anggaran yang jauh lebih besar dan lebih pasti jumlahnya sebagai konsekuensi dari perluasan kewenangan yang sudah dimiliki oleh gampong,” katanya.
Dari sisi sosial kultural, lanjut Iskandar, Undang-Undang Desa memberi pengakuan atas nilai-nilai budaya dan adat istiadat di tingkat lokal. “Undang-undang Desa mengamanahkan pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya dan adat dalam berbagai lini kehidupanyang memiliki kerifan dan tatanan lokal yang harus dihargai,dihormati, dan dilestarikan.
 
Mengakhiri sambutannya, Iskandar mengucapkan selamat bertugas kepada Amirzan sebagai keuchik baru. “Dan kepada masyarakat Gampong Ateuk Munjeng agar dapat membantu keuchik dalam menyelesaikan berbagai persoalan pemerintahan dan pembangunan gampong.
Tak ketinggalan, Iskandar  juga mengucapkan terima kasih kepada Yusri selaku mantan Keuchik Ateuk Munjeng. “Kami ucapkan terima kasih atas pengabdiannya yang telah banyak memberikan sumbangsih pikiranserta tenaga dalam membangun Gampong Ateuk Munjeng ini,” pungkasnya.
Turut hadir pada acara tersebut sejumlah anggota DPRK Banda Aceh, unsur Muspika Baiturrahman, Imum Mukim, Tuha Peut, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan segenap masyarakat Gampong Ateuk Munjeng

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*