Kecamatan Baiturrahman Salurkan BPNT kepada 985 KPM

Banda Aceh – Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh menyalurkan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) kepada 985 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kecamatan Baiturrahman, Jumat (6/11/2020).

BPNT tersebut terbagi ke 10 gampong yaitu Ateuk Deah Tanoh, Ateuk Jawo, Ateuk Munjeng, Ateuk Pahlawan, Kampung Baru, Neusu Aceh, Neusu Jaya, Peuniti, Seutui dan Sukaramai.

Kepala Seksi Keistimewaan dan Kesejahteraan Sosial Indriati, A. Md mengatakan bahwa KPM ialah keluarga fakir-miskin yang data penerimanya diterima dari Kementrian Sosial.

“Setiap keluarga penerima manfaat datanya tidak diganti atau alihkan kepada orang lain, kecuali meninggal, sudah pindah, sudah mendapatkan pekerjaan dan sebagainya,” kata Indri.

Indri melanjutkan bahwa penyaluran BPNT diberikan setiap pertengahan bulan, namun selama Covid-19 disalurkan setiap awal bulan ke rekening masing-masing KPM dan dapat di ambil melalui e-BRI link yang ada disetiap gampong masing-masing.

“Per kepala keluarga mendapat 200 ribu. Tapi tidak boleh ambil tunai, bolehnya hanya ambil sembako dua item yaitu beras 10 Kg dan telur dua papan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Baiturrahman Riani Diningsih menambahkan bahwa nama yang diterima dari kemensos, saat ingin memberi manfaat pihaknya akan verifikasi ulang.

“Misalnya Ali, dulu belum ada kerja, saat diverifikasi penyaluran BPNT berikutnya dia sudah menjadi PNS, nah saat itu kita keluarkan dia, dan kita ajukan nama baru sebagai KPM,” tambah Riani.

Lanjutnya bahwa untuk bulan ini saat di verifikasi ulang ada 60 orang yang tidak lagi menjadi penerima manfaat baik itu karena sudah mendapat kerja, sudah pindah, sudah meninggal ada yang juga tidak menerima, karena merasa sudah mampu.

Berikut data KPM BPNT setiap gampong di Kecamatan Baiturrahman dengan urutan terbanyak, yaitu; Peuniti 245 Kk, Sukaramai 139 Kk, Seutui 135 Kk dan Neusu Aceh 112 Kk.

Kemudian, Ateuk Pahlawan 102 KK, Ateuk Munjeng 65 KK, Ateuk Deah Tanoh 58 KK, Ateuk Jawo 58 KK, Neusu Jaya 54 KK dan Kampung Baru 17 KK.(Hus/Hz)

sumber : http://diskominfo.bandaacehkota.go.id/2020/11/06/kecamatan-baiturrahman-salurkan-bpnt-kepada-985-kpm/