Wali Kota: Kecamatan Baiturrahman Jroh Tat

Banda Aceh – “Kecamatan Baiturrahman Jroh Tat,” begitu apresiasi dalam Bahasa Aceh dari Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman usai menerima laporan dari Camat Baiturrahman yang telah menuntaskan seluruh tahapan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD), Jumat (9/10/2020) di Pendopo.

Aminullah sangat berterimakasih kepada Camat dan Muspika serta seluruh keuchik di wilayah Kecamatan Baiturrahman karena kerja keras mereka menuntaskan penyaluran bantuan tersebut.

“Memang lebih cepat lebih bagus. Kenapa?, karena bantuan ini sangat dibutuhkan warga yang terdampak Covid-19,” tambah Wali Kota.

Sebelumnya, ia memang sudah memerintahkan seluruh Camat berkoordinasi dengan DPMG dan pihak gampong untuk mempercepat pencairan BLT-DD tersebut. Untuk BLT-DD Gelombang II tahap ketiga atau yang juga dikenal dengan BLT-DD tahap ke VI. Dan pihak Kecamatan Baiturrahman telah berhasil menyelesaikan penyaluran pada 9 Oktober 2020.

Atas keberhasilan tersebut, Wali Kota Aminullah memuji Kecamatan Baiturrahman dengan kata ‘Jroh Tat’. Menurutnya, pihak Kecamatan Baiturrahman telah berhasil menuntaskan penyaluran BLT tersebut sesuai target yang ditetapkan.

“Sangat mengapresiasi, dimana Camat dan jajaran bergerak cepat melalukan koordinasi dan komunikasi dengan DPMG dan pihak gampong sehingga BLT sebesar Rp300 ribu per KK dapat disalurkan sesuai target,” kata Wali Kota.

Kata Wali Kota, BLT Dana Desa disalurkan berdasarkan Permendes Nomor 7 Tahun 2020 yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2020 Pasal 8D, dimana setiap warga yang terdampak (Covid-19) sesuai data yang telah disepakati pihak Gampong mendapatkan BLT gelombang II sebesar Rp300 ribu selama tiga bulan.

Lanjut Wali Kota, langkah cepat memberikan bantuan sosial tersebut membel kemudahan bagi warga karena sedang mengalami kesulitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Kita harap dengan selesainya penyaluran BLT ini, masyarakat mendapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pokok,” harap Aminullah.

Wali Kota juga berharap langkah cepat Kecamatan Baiturrahman juga diikuti oleh kecamatan lain. Hingga saat ini, selain Baiturrahman penyalutan BLT seluruh tahap juga telah dituntaskan Kecamatan Kuta Alam.

Laporan Camat Baiturrahman, Muhammad Rizal SSTP, 10 gampong di wilayah Kecamatan Baiturrahman sudah menyelesaikan penyaluran BLT-DD tahap terakhir.

Katanya, penyaluran BLT-DD tahap terakhir mulai disalurkan 1 Oktober lalu dan selesai 9 Oktober.

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan melalui Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Mahirah Muamalah dan dengan cara mengantar langsung ke KPM.

“Sesuai arahan Pak Wali yang menginginkan BLT ini disalurkan tepat waktu, kita terus bekerja keras bersama para keuchik dan aparatur gampong. Alhamdulillah bisa kita salurkan lebih cepat,” kata Camat M Rizal.

Camat mengungkapkan, BLT-DD tahap terakhir disalurkan untuk 1.052 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh gampong.

“Setiap KPM mendapatkan bantuan Rp300 ribu. Total dana yang disalurkan untuk BLT-DD tahap terakhir mencapai Rp315.600.000,” ungkap M Rizal.

Atas keberhasilan ini, Camat Baiturrahman mengapresiasi Muspika, DPMG, para keuchik, tim keuangan gampong, tim kecamatan serta para pendamping yang telah bekerja keras menyelesaikan penyaluran bantuan langsung tunai tersebut.[]

sumber: [https://bandaacehkota.go.id/berita/23887/wali-kota-kecamatan-baiturrahman-jroh-tat.html]