Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi DTKS di Gampong Neusu Jaya

Banda Aceh – Tim Kecamatan Baiturrahman hadir dalam Pertemuan terkait Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) oleh Tim Pemko Banda Aceh di Gedung Serbaguna Gampong Neusu Jaya Kecamatan Baiturrahman, Senin 20 Juli 2020.

Tim Pemko yang hadir terdiri dari Kabag Kesra Setda Kota Banda Aceh, Perwakilan Dinsos dan Perwakilan dari DPMG. Sementara tim kecamatan yang ikut hadir yaitu Sekcam Muhammad Iqbal,S.STP, Kasi Kesos, Keuchik, TPG, Ulee Jurong serta perangkat gampong, TKSK, dan SLRT Kecamatan Baiturrahman.

Musyawarah desa (musdus) untuk mengkaji ulang data DTKS terkait jumlah kematian, jumlah pindah/masuk, serta jumlah masyarakat yang sudah mampu di Gampong Neusu Jaya telah dilakukan dan diperoleh data dasar untuk DTKS sebanyak 97 rumah tangga, Non-DTKS 96 rumah tangga. Dari evaluasi itu juga diperoleh sebanyak 8 rumah tangga yang harus di tinjau ulang. Sehingga selanjutnya fasilitator SLRT akan turun lapangan lagi untuk melakukan pengecekan terhadap 8 rumah tangga tersebut, apakah masih layak/tidak.

Diharapkan dengan adanya verifikasi dan validasi ini juga ikut mengevaluasi pembagian bantuan sosial sebelumnya di mana masih banyak ditemukan penerima bantuan yang tidak sesuai kriteria, sehingga kedepannya bantuan sosial dapat diterima oleh masyarakat yang benar-benar berhak dan layak memperoleh bantuan tersebut.