Cegah Penyebaran Covid-19, PKK Baiturrahman Bagi Masker ke Pengguna Jalan

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Tim Penggerak PKK Kecamatan Baiturrahman dan pengurus PKK gampong di dalam kecamatan tersebut membagi masker kepada pengguna jalan, Senin (20/4/2020).

Kegiatan yang melibatkan kaum ibu tersebut, berlangsung di seputaran Simpang Jam, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

Ketua TP PKK Baiturrahman, Helda Saflia yang memimpin gerakan pembagian masker tersebut mengatakan masker gratis itu dibagikan kepada pengguna jalan dam warga yang melintas, terutama yang tidak menggenakan masker.

“Jumlah masker yang dibagikan mencapai 600 lembar,” sebutnya.

Ia mengatakan, kegiatan yang mereka lakukan juga diselingi dengan sosialisasi dan protokol pencegahan Covid-19 dikeluarkan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Pada sosialisasi itu masyarakat diminta mematuhi imbauan pemerintah, yakni jaga jarak (physical distancing), mengenakan masker saat keluar rumah dan beraktifitas.

Lalu, menghindari keramaian serta menjaga pola hidup bersih dan sehat, salah satunya sesering mungkin mencuci tangan dengan sabu serta mengkosumsi makanan yang kaya protein.

“Ini bentuk dukungan kami dari PKK Baiturrahman dan pengurus PKK seluruh gampong di Kecamatan Baiturrahman dalam langkah pencegahan penyebaran virus corona,” ujar Helda.

Ia mengharapkan setiap warga mengenakan masker saat keluar rumah dan melakukan aktivitas. Sehingga masker-masker yang dibagikan itu dapat dipakai, tidak ditaruh rumah, apalagi hanya jadi pajangan.

“Mungkin sudah banyak pembagian masker yang dilakukan berbagai pihak. Tapi, tingkat kesadaran menggunakan masker saat berada di luar masih rendah,” papar Helda.

Ia pun berharap dengan dkeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Banda masyarakat akan meningkatkan kesadaran warga dengan dijatuhi sanksi bagi yang kedapatan tidak menggenakan masker.

“Kita ingin perwal tersebut segera diterapkan, sehingga langkah-langkah pencegahan lebih maksimal,” jelas Helda.

Lalu, terhadap masker yang dibagikan itu dapat dikenakan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi merogeh kocek untuk membeli masker. “Semoga masker yang kami berikan ini bisa terus digunakan setiap hari. Bisa dipakai berulang kali karena terbuat dari kain,” pungkas Ketua TP PKK Baiturrahman, Helda Saflia.(*)

 

sumber: [https://aceh.tribunnews.com/2020/04/21/cegah-penyebaran-covid-19-pkk-baiturrahman-bagi-masker-ke-pengguna-jalan]