Baiturrahman Juara Cerdas Cermat KIG 2018

  Banda Aceh – Tim Kelompok Informasi Gampong (KIG) Kecamatan Baiturrahman berhasil keluar sebagai juara Lomba Cerdas Cermat Kelompok Informasi Gampong (KIG) se Kota banda Aceh yang digelar Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh di aula Gedung C balaikota Banda Aceh Kamis (4/10/2018). Untuk juara II dan III diraih oleh tim KIG Kecamatan Jaya Baru dan Lueng Bata.

Lomba Cerdas Cermat KIG ini diikuti oleh sembilan tim yang mewakili kecamatan yang ada di Banda Aceh, dan dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Ir. Syukri, M. Sc, yang mewakili Walikota Banda Aceh.

Walikota Banda Aceh dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahlinya, Syukri yang membuka lomba tersebut menilai kelompok Informasi Gampong (KIG) selama ini telah turut berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi tentang program maupun kebijakan pemerintah serta menjadi penyalur aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

Dikatakannya, Kelompok Informasi Gampong sesungguhnya adalah kader pembangunan, karena padanya ada keinginan dan kepedulian untuk memajukan gampongnya melalui peran sertanya sebagai kajian informasi.

“Tanpa peran serta masyarakat maupun pihak swasta, percepatan pembangunan suatu gampong akan sulit dilaksakan meski didukung dengan dana yang besar,” kata Syukri pada saat membuka kegiatan Perlombaan yang berlangsung di aula Gedung C balaikota Banda Aceh.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh Bustami SH yang juga ketua panitia kegiatan mengatakan bahwa Kelompok Informasi Gampong yang disingkat dengan KIG adalah nama lain dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berlaku secara nasional, sementara KIM itu sendiri masuk dalam rumpun Lomba komunikasi Sosial sebagaimana diatur Permenkominfo RI No. 8/Perim.Kominfo/6/2010.

“Pada dasarnya tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dalam memahami informasi, selain itu juga meningkatkan semangat anggota KIG agar menggali potensi dan informasi yang dibutuhkan.” ujar Bustami.

Adapun hadiah lomba yang diperoleh juara I mendapatkan piala bergilir, piala juara I dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.500.000, sedangkan juara II mendapatkan piala juara II dan uang pembinaan sebesar Rp. 2000.000 serta untuk juara III selain mendapatkan piala juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


+ 67 = 75